Olahraga

Espargaro bawa Aprilia tercepat di hari pertama tes Qatar


Jakarta (ANTARA) – Aleix Espargaro membawa tim Aprilia tampil tercepat di hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, pada Sabtu waktu setempat.

Sang pebalap Spanyol mencetak waktu 1:54,687 untuk mengalahkan catatan waktu Stefan Bradl dari tim Honda dengan jarak 0,256 detik.

Sedangkan juara bertahan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar melengkapi peringkat tiga dengan selisih 0,293 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Setelah melewatkan sesi tes shakedown pada hari sebelumnya, Espargaro menjalankan tugasnya di atas motor barunya RS-GP dan menyelesaikan 57 putaran hari ini dan mampu lebih cepat dari catatan waktu terbaik yang ia buat di tes Qatar tahun lalu.

Rekan satu timnya, Lorenzo Savadori, menggantikan Iannone yang terkena sanksi doping, menyelesaikan 42 putaran dengan waktu terbaik 1:56,511.

Sementara itu di garasi tim Repsol Honda, Pol Espargaro menjalani debutnya bersama tim asal Jepang itu dengan finis P17 meski menyelesaikan jumlah putaran terbanyak yaitu 68 lap di atas motor RC213V terbaru.

Bradl sekali lagi mengenakan livery khas Repsol ketika Marc Marquez masih memulihkan diri dari cedera tulang humerus yang ia dapati sejak terjatuh di seri pembuka musim lalu di Jerez.

Sang pebalap Jerman sempat tampil sebagai yang tercepat di paruh pertama tes hari ini.

Sedangkan duet tim LCR, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami dipersenjatai dengan motor Honda tahun lalu.

Kondisi trek hari itu lebih baik daripada ketika sesi tes shakedown pada Jumat, meskipun angin kencang mempengaruhi kemampuan pengendalian motor para pebalap.

Hal itu menyebabkan sejumlah pebalap melenceng dari racing line dan terpeleset, termasuk Marquez, yang pada akhirnya menyelesaikan hari pertama tes dengan finis P10.

Jack Miller, yang tahun ini mengenakan seragam tim pabrikan, menjadi pebalap Ducati tercepat hari itu setelah finis P4, mencoba sejumlah bagian motor baru termasuk fairing aerodinamika.

Miguel Oliveira tampil sebagai pebalap KTM tercepat di belakang sang pebalap Australia, di saat Johann Zarco kembali membawa Ducati cukup kompetitif dengan finis P6 untuk tim Pramac Racing.

Sedangkan Franco Morbidelli, menunggangi motor Yamaha Spek-A tim Petronasy SRT, menjadi pebalap Yamaha tercepat hari itu di P7.

Rekan satu timnya, Valentino Rossi, yang mengenakan seragam baru mengakhiri hari pertama di P14, mengalahkan penggantinya di tim pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo, dengan selisih 0,123 detik.

Alex Rins yang ingin tampil kompetitif lagi dengan Suzuki tahun ini finis 0,511 detik dari pemuncak sesi di P8, mengalahkan Maverick Vinales yang finis satu posisi di belakangnya dengan margin tipis 0,061 detik.

Sirkuit Losail di Doha akan kembali menjadi arena tes pada Minggu dan sesi kedua yang berlangsung pada 10-12 Maret sebelum menjadi tuan rumah balapan pembuka musim pada 28 Maret nanti.

 





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas