Ekonomi

Gubernur Kalbar : GAIA Bumi Raya City Mall mampu serap lebih 2.500 naker


Pontianak (ANTARA) – Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta pihak manajemen GAIA Bumi Raya City Mall yang terletak di Kabupaten Kubu Raya untuk dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal sebagai upaya membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

“Saya merasa bangga karena meski di tengah pandemi, masih ada investor yang mau membuka mall. Ini menunjukkan bahwa Kalbar mampu tetap mempertahankan iklim investasi meski di tengah pandemi,” kata Sutarmidji saat meresmikan GAIA Bumi Raya City Mall yang terletak di Kabupaten Kubu Raya, Kamis.

Sutarmidji menyatakan, mall baru tersebut dapat menampung tenaga kerja lebih dari 2.500 orang dan daerah akan mendapat pengaruh yang besar dari sisi ekonomi. Masyarakat akan mendapatkan peluang baru dan daerah tentu mendapat kontribusi dari investasi yang ada.

“Saya mengapresiasi kepada investor yang membangun mall ini karena mall ini menjadi alternatif baru bagi masyarakat untuk belanja dan berekreasi bersama keluarga selain kota Pontianak,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, di kawasan mall ini juga akan segera dibuka apartemen dan perumahan yang sudah mulai di bangun.

“Kalau saya jadi pak bupati, saya akan memberikan diskon sampai 75 persen untuk pengurusan IMB, karena walau kita diskon, setelah bangunan jadi, banyak pendapatan yang bisa diperoleh oleh daerah. Ketika apartemen dan perumahannya laku, maka akan ada biaya BPHTB sebesar 5 persen yang didapat pemda, belum lagi setiap tahun ada PBB, pajak air bersih dan pendapatan lainnya,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik dibukanya GAIA Bumi Raya City mall tersebut di daerahnya.

“Tentu keberadaan mall di Kubu Raya ini bisa menyerap banyak tenaga kerja dan kita harapkan pihak manajemen mall bisa menyerap tenaga kerja lokal sekaligus memberdayakan anak muda, karena dari informasi yang kita dapat dari pihak manajemen mall, mereka akan menekankan konsep pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM,” tuturnya.

Muda menyatakan, pihaknya akan memberikan peluang kepada semua investor yang ada untuk berinvestasi di kabupaten itu.

“Untuk proses perizinan, kita sudah menerapkan sistem OSS sehingga lebih transparan dan cepat. Untuk itu, investor tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Kubu Raya,” kata Muda.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bumi Raya Ritel Indonesia Tan Ying Mei mengatakan di masa pandemi dan kondisi perekonomian yang belum stabil  perlu adanya upaya-upaya untuk menggerakkan dan membangkitkan perekonomian Indonesia.

“Keberadaan GAIA Bumi Raya City diharapkan mampu menjadi lokomotif pergerakan ekonomi di Kalimantan Barat,” kata dia.

Ia menjelaskan mall ini memiliki desain yang modern futuristik, fasilitas lengkap, dipadukan dengan area taman yang asri dan air terjun yang indah.

“Dengan fasilitas lengkap tersebut menjadikan GAIA Bumi Raya City sebagai tempat berbelanja dan berekreasi yang tepat bagi seluruh keluarga, serta berbisnis bagi masyarakat Kubu Raya, Kalbar dan masyarakat luas lainnya,” katanya.

 





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Copyright © 2020 TERDEPAN.ID

Ke Atas