Daerah

Kolaborasi TP PKK dan BKKBN bantu pencapaian program Bangga Kencana


Pontianak (ANTARA) – Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Tenny C Soriton mengatakan Kolaborasi antara Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehteraan Keluarga (TP PKK) dan BKKBN akan sangat membantu prncapaian pelaksanaan KKBPK yang saat ini lebih dikenal dengan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana).  

“TP PKK melalui Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan momentum yang penting untuk meningkatkan cakupan program peningkatan kesejahteraan keluarga, Keluarga Berencana dan program kesehatan masyarakat,” kata Kepar BKKBN Kalbar, Tenny C Soriton di Pontianak, Selasa.

Dikatakanya, terkait hal ini Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar menggelar rapat koordinasi bersama mitra yang dilaksanakan di Aula Kencana BKKBN di Pontianak, Kalbar.

Dalam kegiatan itu, Tenny C Soriton mengatakan, Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan sebagai sarana pembinaan untuk memotivasi para kader dan keluarga serta Tim Penggerak PKK dalam pencapaian target PKK-KKBPK dan Kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pembangunan manusia, khususnya dalam hal menciptakan keluarga yang berkualitas, sehat, mandiri, sejahtera dan produktif dalam bidang ekonomi dan sosial. Dan kolaborasi itu melibatkan kader PKK di tingkat paling dasar,” katanya.

Menurut Tenny, melalui sinergitas yang terjalin tersebut nantinya akan menguatkan basis keluarga di kalangan masyarakat, baik kesejahteraan maupun kualitas.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kalbar, Lismaryani Sutarmidji yang mengikuti dan membuka secara virtual kegiatan ini mengatakan, masih banyak yg harus disempurnakan terutama peningkatan peran masing masing unsur mitra dalam pelaksanaan pelayanan Program KB, penguatan peran PKK sampai ke tingkat desa serta pemberdayaan dasawisma dalam peningkatan cakupan KKBPK Kesehatan.

“Saya berterima kasih kepada beberapa kabupaten/kota yang telah melaksanakan pelatihan-pelatihan dasawisma, namun hal itu tidak hanya berhenti sampai di situ, bagaimana tindak lanjut dan pembinaannya perlu diperhatikan dengan serius,” katanya.

Ditambahkannya, kegiatan ini dapat ditindaklanjuti di tingkat kabupaten/kota masing-masing dan tim lintas sektoral bisa dapat dibentuk dan diaktifkan di berbagai tingkatan wilayah.

Turut hadir secara langsung Ketua Pokja IV TP PKK Kalbar dan secara virtual Ketua TP PKK serta pengurus kabupaten/kota se-Kalbar.

 





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas