Ekonomi

Layanan premium PLN hadir sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi Kalbar


Pontianak (ANTARA) – Keberadaan listrik yang cukup, andal dan ekonomis satu di antara faktor penting yang dapat menunjang dan meningkatkan kualitas kehidupan di suatu negara termasuk dalam menggerakkan pertumbuhan perekonomian.

Hadirnya suplai yang cukup dan berkualitas tersebut selain melahirkan industri baru di suatu daerah juga bisa menumbuhkan industri yang ada untuk berkembang dan tumbuh.

Dengan pentingnya keberadaan listrik tersebut, untuk itulah PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar dengan peran dan upayanya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah menghadirkan layanan premium yang dimulai sejak awal 2019 lalu. 

Pelaku usaha atau industri yang bergerak dalam berbagai bidang di Kalbar sangat terbantu dengan layanan premium yang ada dan saat ini di Hari Listrik Nasional ke-75  sudah mencapai 63 perusahaan beralih ke layanan yang memberikan suplai listrik yang berkualitas.

“Semua pelanggan PLN tanpa terkecuali berhak mendapat layanan terbaik. Layanan premium adalah moda layanan PLN untuk mendukung sektor bisnis dan industri yang memang membutuhkan kehandalan pasokan listrik yang tinggi,” ujar General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo di Pontianak, Jumat

Dikatakannya, untuk pelanggan premium disediakan layanan khusus karena aliran listriknya dipasok melalui dua penyulang. Jika terjadi gangguan pada penyulang utama maka aliran listriknya akan dipindah melalui penyulang cadangan, sehingga pasokan listriiknya menjadi lebih aman dan andal.

“Khusus pelanggan premium, kami juga membuka media komunikasi dan diskusi yang dapat dimanfaatkan  untuk saling bertukar informasi terkait layanan yang diberikan. Jika terjadi gangguan listrik, Petugas kami siagakan 24 jam untuk dapat bergerak cepat jika sewaktu-waktu diperlukan untuk melakukan perbaikan,” kata dia.

Ia menyebutkan bahwa layanan premium hadir tersebut juga seiiring dengan suplai daya milik PLN yang terus surplus. Ia mencontohkan di Sistem Khatulistiwa yang mewadahi beberapa kabupaten, akhir Oktober 2020 untuk daya terpasang pembangkitnya sudah mencapai 622.1 MW.

“Sedangkan untuk daya mampu pasok sendiri 531.9 MW. Kemudian beban puncak yang terlayani 341.9 MW. Dengan potret yang ada antara daya mampu pasok dengan beban puncak maka kita surplus,” jelas dia.

Ia menjelaskan kembali bahwa PLN sebagai perusahaan penyedia jasa ketenagalistrikan telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 7 dekade.

“PLN terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanannya. Peningkatan kualitas baik sisi keandalan maupun keekonomian menjadi semangat dalam menjalankan bisnis kami. Semoga keberadaan PLN dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Bumi Khatulistiwa,” harap dia.

Layanan premium tingkatkan daya saing

Layanan premium PLN semakin diminati pengusaha Kalbar, terbaru dari perusahaan yang bergerak di bidang industri pemotongan ayam serta  pengolahan daging ayam di Kubu Raya, PT. Adilmart. Pelanggan yang menikmati layanan premium sebagai perusahaan yang ke-64 menikmati layanan spesial dengan daya 555 kVA dalam rangka meningkat kan produktifitas usaha.

“Dengan menggunakan listrik PLN pastinya dapat menekan biaya operasional perusahaan, produksi di pabrik juga akan lebih efektif dan efisien. Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan kerjasama PLN yang telah melakukan penyalaan listrik di pabrik kami, meski di tengah pandemi COVID- 19 yang masih melanda tidak menyurutkan semangat teman-teman PLN dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” kata HR & GA Manager PT. Adilmart, Heliz.

Sebelumnya juga, layanan premium juga dinikmati sektor perhotelan.  Hotel Golden Tulip satu di antara hotel yang menikmati layanan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan daya saing.

General Manager Hotel Golden Tulip Pontianak, Danuri Efendi mengatakan bahwa listrik merupakan kebutuhan utama bisnis perhotelan agar performa layanan kepada pelanggan semakin baik.

“Menjadi pelanggan premium menjadi impian kami. Dalam berbisnis kami berorientasi pada fokus pada pelanggan, jadi lebih pada peningkatan mutu layanan dan fasilitas untuk meraih hati pelanggan. Layanan premium ini merupakan salah satu poin peningkatan mutu layanan kami kepada pelanggan. Layanan premium ini juga kami jadikan selling tools dalam meningkatkan penjualan,” kata Danuri.

Dalam layanan premium PLN selain mendukung untuk pertumbuhan ekonomi Kalbar seperti yang dinikmati pihak perbankan, UMK, perhotelan, perusahaan sawit, pusat belanja modern dan lainnya juga melayani lembaga pemerintah dan dunia pendidikan terutama perguruan tinggi di Kalbar. Layanan yang ada tersebut mendorong berbagai aspek di Kalbar terus tumbuh dan maju.





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas