Daerah

Pejabat Forkopimda dan Tokoh Sekadau Jadi yang Pertama Divaksin, Wakil Bupati Ditunda


Pejabat Forkopimda dan Tokoh Sekadau Jadi yang Pertama Divaksin, Wakil Bupati Ditunda

TERDEPAN.id, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau resmi melakukan pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Sekadau, Selasa (2/2/2021) pagi. Sedikitnya ada 15 tokoh yang terdiri dari pejabat publik dan tokoh masyarakat, minus Wakil Bupati Sekadau lantaran setelah menjalani penapisan, sedang mengalami tekanan darah tinggi, disuntik secara bergiliran. Demikian halnya Bupati Sekadau, Rupinus yang tidak memenuhi syarat secara medis.

Dalam sambutannya, Rupinus menyampaikan, vaksinasi merupakan bagian strategi pemerintah Indonesia dalam penanggulangan Covid-19. Vaksinasi diharapkan dapat membentuk kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit, kalau pun sakit tidak menimbulkan dampak yang parah.

Namun demikian, masyarakat perlu diberikan pendidikan dan penyuluhan. Meskipun sudah divaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menahan diri keluar kerumah bila tidak penting serta menghindari kerumunan.

Vaksinasi perdana dilakukan terhadap 15 orang yang terdiri dari perwakilan pejabat publik, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan ketua organisasi dengan harapan akan menjadi contoh bagi masyarakat bahwa vaksin aman dan halal.

Selanjutnya, vaksinasi akan diberikan kepada tenaga kesehatan selaku garda terdepan dalam pelayanan kesehatan bagi penderita Covid-19. Vaksinasi secara serentak dimulai tanggal 3 hingga 5 Februari 2021 pada Dinas Kesehatan, PP dan KB, RSUD Sekadau serta 12 Puskesmas di 7 Kecamatan.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas nanti, Polsek jajaran akan melakukan pengamanan maupun pendampingan, sebagai wujud dukungan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah hukum masing-masing,” ucap Wakapolres Sekadau, Kompol Edy Haryanto usai menerima vaksin.

Melalui peran Bhabinkamtibmas, lanjut Wakapolres, pihak Kepolisian akan terus mensosialisasikan program ini. Tujuannya demi kelancaran dan suksesnya pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat yang memenuhi syarat.

Adapun 15 adalah Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, Ketua DPRD Kabupaten Sakadau, Radius Effendy, Pj Sekda Sekadau, Frans Zeno, Wakapolres Sekadau, Kompol Edy Haryanto, Kasi Intel Kejari Sekadau, Yuri Prasetia, Danramil Sekadau Hilir, Kapten Arh L Simare-mare, Plt Kadinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, Plt Direktur RSUD Sekadau, I Ketut Widhiarta serta Kabid P2P Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Martinus Ridi.

Selain itu yang disuntik vaksin corona di Kabupaten Sekadau adalah Ketua IDI Sekadau, Iswandi, Ketua NU Sekadau, Kiai Tohidin, Pastor Paroki St Petrus Rasul Monumental Sekadau, Pastor Agustinus Rian, Ketua Bamagnas Sekadau, Pendeta Marthin Jasmin dan Ketua MABT Kabupaten Sekadau, Sugianto.

 



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas